Budaya News

Kiprah Perupa Perempuan

Jakarta, Reqnews, -Karena selalu berada di persimpangan sistem referensi ‘glocal’, karyanya merenungkan berbagai lapisan kepribadian, semangat, dan gender dalam konteks ini. Dengan menghubungkan perjalanan heuristik yang khas antara Timur dan Barat, menyelidiki agama, subkultur, tabu dan posisi perempuan dalam masyarakat. Karyanya merenungkan pandangan berlapis-lapis yang mengomunikasikan identitas, dengan menggambarkan aspek budaya yang berlawanan dan menemukan dialog di antara mereka. Demikian salah satu konsep yang tertera pada karya Lenny Ratnasari Weichert pada pameran Celebreting Diversity #2

Pameran yang dilesenggarakan di Menara BTPN, Ground Floor, CBD Mega Kuningan,Jakarta Selatan. Pembukaan: Rabu, 1 Agustus 2018, Pukul 14.00 – 16.00 wib. Sedangkan pameran akan berlangsung pada 2 Agustus – 19 Oktober 2018 Senin – Jumat, Pukul 09.00 – 15.00 wib (libur nasional tutup)

Pameran menampilkan perupa-perupa perempuan yang tinggal di Jogjakarta dan Jakarta, yang telah mempunyai pengalaman dalam dunia seni rupa, serta melakukan pameran diberbagai tempat di seantero museum dan galeri di luar negeri. Mereka telah mempunyai jam terbang, perupa itu adalah Bunga Jeruk, Yani Mariani Sastranegara, Titarubi, Lenny Ratnasari Weichert dan Dolorosa Sinaga.

“Celebrating diversity”, sebuah frasa–kalau tidak mau dibilang telah menjadi kredo–yang fitur maknanya cukup licin dan bergantung pada konteks penggunaannya. Frasa ini menarik sebagai tajuk pameran, sebab memungkinkan kita untuk membayangkan berbagai jenis kemungkinan, entah itu dalam kaitannya dengan kehidupan dan dinamika sosial-politik yang berkelindan di sekitar kita maupun keragaman dalam konteks praktik artistik. Terlebih lagi, pada pameran kali ini, semua partisipannya adalah seniman-seniman perempuan yang sudah cukup lama malang melintang dalam medan seni rupa kita.

“Berbagai sudut pandang dalam pembacaan karya, juga dengan beragam perspektif, dan membantu kita untuk melihat jenis keragaman seperti apa yang hendak dirayakan melalui pameran ini”,pungkas Nissak Latifah, organizer pameran dari Partner.*f.a

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *