Headline Pariwisata

Begini Tradisi Pengambilan Air dari 7 Mata Air Suci

CIAMIS, REQNews – Di Desa Ciomas, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ada sebuah tradisi unik yakni tradisi pengambilan air dari 7 mata air suci. Tentunya tradisi ini menjadi potensi wisata religi di Ciamis yang diharapkan mampu memikat para wisatawan.

Pengambilan air dari 7 mata air suci ini memadukan kearifan lokal masyarakat dengan eksotisnya alam. Kegiatan ini digelar di Kawasan Hutan Lindung milik masyarakat adat desa. Luasnya mencapai 16 hektare.

Pada Rabu (1/8/2018) rangkaian tradisi ini digelar. 7 mata air suci yang diambil airnya adalah dari Gunung Tilu dan Cipanjalu. Ada juga Mata Air Cilimus, Geger Emas, Situ Lengkong, Kapunduhan, juga Pambuangan. Tradisi ini dikemas dengan sangat unik dan cantik, juga disempurnakan lewat doa dan ritual adat.

“Kegiatan ini berpotensi menjadi wisata religi unggulan di Ciamis,” ujar Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana.

Rangkaian tradisi ini tentunya akan mampu menarik kunjungan wisatawan dalam jumah besar. Event ini menjadi representasi dari masyarakat adat, toleransi, dan penghormatan pada tradisi juga kearifan lokal. Tidak kalah penting, lingkungan juga ikut terjaga. (dnls)

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *