Budaya News

Meniti Perjuangan Pelukis Hendra Gunawan

Jakarta, Reqnews, -Refleksi warisan seni lukis yang ditinggalkan oleh Hendra Gunawan memberi arti tersendiri bagi Ciputra, kolektor lukisan Hendra Gunawan. Betapa banyak lukisan yang dikoleksi dari masa hidup pameran ini memperlihatkan perjuangan kolektor mengumpulkan lukisan-lukisan tersebut.

Representasi koleksi lukisan itu dipamerkan pada Prisoner Of Hope, Pameran Peringatan 100 tahun Hendra Gunawan, bertempat di Ciputra World 1 Jakarta, Jl Prof Dr. Satrio Kav 3-5 Jakarta. Pameran akan berlangsung 5-16 Agustus 2018. Lukisan yang dikoleksi dari berbagai masa hidup hendra Gunawan ini merupakan karya-karya Hendra dari berbagai tempat pada masa hidupnya, baik dari masa Hendra di penjara Kebon Waru, atau masa Hendra menjadi anggota Lekra (Lembaga Kebudayaan Rakyat) oraganisasi seni yang dianutnya.

“Wafatnya Hendra meninggalkan kenangan dan simbol. Lukisan-lukisan ini merupakan simbol perjuangan Hendra yang masih berlangsung. juga mencerminkan perjuangan Hendra sebagai salah satu putra bangsa yang dibanggakan. Maka kita yang masih hidup harus meneruskan perjuangan ini”,papar Ciputra dalam pembukaan pameran (4/8)

Selain pameran lukisan Hendra Gunawan juga dipamerakn Spektrum Hendra Gunawan yang mewakili seni kekinian dengan memamerkan 70 Seniman kontemporer Indonesia. Seniman yang berasal dari berbagai kota di tanah air ini mengirimkan satu karya untuk dipajang di ruang pamer museum, mengiringi 100 tahun Hendra Gunawan berkarya.*f.a

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *