Budaya Headline News

Sulitnya Mengungkap Data Lukisan

Jakarta, Reqnews, -Melalui judul pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan Indonesia Semangat Dunia,  mencoba merangkai cerita dari kejadian terkoleksinya lukisan dengan acara Asian Games, sebagai penyelenggara olah raga tingkat Asia, Indonesia mengiringi Asian Games dengan pameran seni. Menjadi olahan yang sesuai dengan gambaran, bagaimana munculnya karya seni dengan semangat sportivitas, baik semangat sportivitas lapangan olah raga dan semangat sportivitas seniman berkarya. maka kata olah menjadi salah satu kata kunci dalam penyelenggaraan event ini.

Pameran yang menampilkan koleksi  Istana Kepresidenan  dibuka untuk umum sampai 3 Agustus 2018. Bertempat di gedung A, Galeri Nasional Indonesia, Jl Medan Merdeka Timur 14, Jakarta.  Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia telah diselenggarakan sejak 2016. Tahun 2018 merupakan penyelenggaraanke–3, dengan rentang waktu pameran 3 – 31 Agustus 2018.

“Sebelum memberi kuratorial pameran beberapa cara diungkapkan dengan cara mengambil kata kunci untuk merangkai olah raga dan seni. Seperti kata olah dalam olah raga,dirangkai dengan olah seni yang berarti proses. Selain itu ada keberagaman, kerjasama, kreativitas, mendunia dan masa depan”,ungkap Amir Sidharta dalam pengantar kuratorial saat jumpa pers (3/8)

Sumber-sumber diperolehnya lukisan memang terlalu sulit untuk diungkap. Karena tidak ada sumber data yang pasti. Terutama bagaimana lukisan terkoleksi. Semakin sulit mengungkap sejarah lukisan itu. Melalui sumber cerita lah, lukisan-lukisan itu dapat diberitahukan secara umum. Demikian menurut kurator Pameran Seni Koleksi Istana Kepresidenan Republik Indonesia, Wati Moerani dan Amir Sidharta.

Sedangkan karya yang masuk kurasi pameran berjumlah 45 karya, lukisan, patung , kriya berupa kristal dan arsip terkait gambaran kisah perjuangan dan kepahlawanan mengungkap perjuangan bangsa Indonesia. Semangat perjuangan itu diekspresikan dalam bentuk metafora,mitologi, legenda dan fable.*f.a

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *