Headline News

Sedikitnya 82 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa 7 SR NTB

LOMBOK, REQNews – Sedikitnya 82 orang meninggal dunia, akibat gempa yang terjadi Minggu (5/8/2018) malam, di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan kekuatan 7 Skala Richter (SR).

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugrogo melalui akun twitternya @Sutopo_PN menyampaikan, 82 orang meninggal dunia, ratusan lainnya mengalami luka-luka, dan ribuan rumah rusak dan Lombok Utara adalah daerah yang paling parah karena dekat dengan pusat gempa.

“Korban meninggal berasal dari Kabupaten Lombok Utara 65 orang, Lombok Barat 9 orang, Lombok Tengah 2 orang, Kota Mataram 4 orang, dan Lombok Timur 2 orang,” terangnya.

Diperkirakan korban masih akan bertambah. Sutopo menyebutkan, saat ini Tim SAR Gabungan masih melakukan evakuasi dan penanganan darurat.

Sebelumnya dalam konferensi pers tadi malam Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan gempa yang berlokasi di 8.37 LS, 116.48BT dengan kedalaman 15 Kilometer tersebut berpotensi terjadinya tsunami. Namun sekitar pukul 20.25 WIB, peringatakan potensi terjadinya tsunami telah diakhiri.

Sejak peringatan dini tsunami dikeluarkan BMKG, telah terjadi tsunami kecil di tiga titik. Masing-masing di Desa Carik setinggi 13,5 cm, Desa Badas 10 cm, dan Desa Lembar 9 cm.

Namun demikian, Dwikorita meminta masyarakat untuk tetap waspada dan untuk sementara waktu tidak berada di bawah bangunan-bangunan yang rawan runtuh. Mengingat kemungkinan terjadinya gempa susulan masih saja bisa terjadi meskipun dengan magnitudo yang jauh lebih kecil. (dnls)

Please follow and like us:
21

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *