Headline News

Evakuasi di Gili Trawangan Sudah Mencapai 2.700 Orang

LOMBOK, REQNews – Tim SAR terus melakukan evakuasi ribuan warga dan turis dari Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno. Masih terdapat ribuan orang belum dievakuasi dan ditargetkan selesai hari ini, Selasa (7/8/2018).

Kepala Pusat Data Informasi (Pusdatin) dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho mengatakan tidak mengetahui berapa jumlah wisatawan, baik wisatawan asing maupun domesti yang berada di Gili Terawangan, Gili Air dan Meno. “Perkiraan awal terdapat sekitar 1.000 orang. Ternyata jumlahnya lebih banyak,” ujarnya.

Tim SAR gabungan yang dipimpin Basarnas hingga Senin (6/8/2018) pukul 15.00 WIB, lanjut Sutopo, telah berasil mengevakuasi sebanyak 2.700 orang wisatawan asing dan domestik dari ketiga pulau tersebut.

Ia menyebutkan, wisatawan dievakuasi ke Pelabuhan Bangsal Kabupaten Lombok Utara menggunakan 9 kapal yaitu 1 unit kapal SAR Mataram, 1 unit kapal KAL Belongas, 1 unit kapal SAR Denpasar, 1 unit kapal Pelni, 1 unit kapal Dharma Citra Tiga, 3 unit kapal cepat/ferry Eka Jaya, dan 1 unit kapal cepat/ferry Bali Nusa. Ribuan wisatawan dan karyawan hotel masih dalam proses evakuasi keluar dari ketiga pulau tersebut.

Evakuasi ini, menurut Sutopo mengarah ke Pelabuhan Bangsel di Lombok Utara. Nantinya, diarahkan menuju Mataram untuk bisa melanjutkan ke Bandara Internasional Lombok atau memilih singgah di hotel setempat. (dnls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *