Budaya News

Film Eksperimen Tidak Hanya Menghibur

Jakarta, Reqnews, -Homoludens menemukan momentumnya pada masa ini, sehingga sinema bukan lagi perihal kebenaran atau ketidakbenaran. Totalitas spasial dalam penggunaan piranti-piranti digital mampu menciptakan dunia yang dapat dibayangkannya sendiri. Kembalinya hasrat “bertindak” merupakan tanggapan atas permainan representasi, bukan representasi itu sendiri. Tapi bagi sinema, “permainan” tentunya layak diimajinasikan lewat kemungkinan-kemungkinan yang cakupannya bahkan dapat melampaui aparatus digital.

Homoludens tajuk  6th Jakarta International Documentary & Experimental Film Festival 2018,  akan dihelat pada 8 Agustus – 16 Agustus 2018. Perhelatan yang berlangsung selama sembilan hari akan mengambil lokasi di tiga tempat di Jakarta: GoetheHaus (Goethe-Institut Jakarta), Kineforum, dan Galeri Cipta III – Taman Ismail Marzuki. ARKIPEL digagas oleh Forum Lenteng untuk membaca fenomena global dalam konteks sosial, politik, ekonomi, dan budaya melalui sinema.

“Filem dokumenter yang dimaksud Forum Lenteng adalah filem dokumenter yang merujuk pada bahasa filem yang berlaku dalam tradisi sinema, bukan filem dokumenter televisi. Dalam tradisi sinema, filem dokumenter juga dapat menghadirkan drama, konflik, imajinasi, dan ruang kritik bagi penonton. Hal ini  tentu berkaitan dengan bagaimana eksperimentasi bahasa sinema yang dilakukan oleh sutradara dalam mengemas kenyataan,” tutur Hafiz Rancajale, Direktur Artistik Forum Lentang.

Kegiatan pemutaran film juga akan diiringi dengan kegiatan lainnya yang terdiri atas tujuh program utama. Diantaranya Kompetisi Internasional, Kuratorial homoludens, Candrawala, Pameran Kultursinema, Presentasi Khusus, Penayangan Khusus, dan Forum Festival. Secara keseluruhan akan ada 72 filem dokumenter dan eksperimental dari 19 negara yang akan ditayangkan. Semua acara di ARKIPEL gratis dan terbuka untuk umum.* f.a

 

 

Please follow and like us:
0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *