Headline Hukum

Sejumlah Kepala Daerah Diperiksa KPK Hari InI

JAKARTA, REQNews – Bupati Kampar Provinsi Riau, Azis Zaenal, Walikota Dumai, Zulkifli dan orang dekat kepala daerah akan diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Selasa (7/8/2018).

Pemeriksaan ini terkait kasus dugaan suap usulan dana perimbangan daerah pada RAPBN-P Tahun Anggaran 2018. Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan Azis Zaenal diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Amin Santono, angggota Komisi XI DPR RI yang menjadi tersangka lantaran menerima suap.

Sementara itu, Walikota Dumai, Zulkifli perkara untuk kasus yang sama.”Zulkifi jadi saksi untuk tersangka Yaya Purnomo yang merupakan PNS di Kementerian Keuangan,”ujarnya.

Selaian kepala daerah, ada juga orang dekat kepala daerah yang diperiksa yakni ajudan Walikota Tasikmalaya, Galuh Wijaya yang juga diperiksa sebagai saksi untuk Yaya.

Pada kasus ini, Amin Santono diduga menerima uang suap Rp500 juta dari dua proyek di Kabupaten Sumedang dengan nilai total proyek Rp25 Miliar. Uang Rp500 juta tersebut diduga bagian dari total komitmen fee Rp1,7 Miliar. Uang itu diberikan kepada Amin Santono dari seorang kontraktor di lingkungan Pemkab Sumedang, Ahmad Ghiast.

Sementara itu, PNS Kemenkeu, Yaya Purnama berperan bersama-sama dan membantu Amin Santono meloloskan dua proyek di Pemkab Sumedang. Dua proyek tersebut yakni proyek di Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan di Kabupaten Sumedang dan proyek di Dinas PUPR Sumedang. Pemeriksaan ini dilakukan guna mengetahui proyek-proyek di daerah yang diduga dikorupsi. (dnls)

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *