Headline News

Terkait Mahar Sandiaga, Baswalu: Jika Terbukti, Pencalonan Dibatalkan

JAKARTA, REQNews – Aggota Bawaslu Fritz Edward Siregar menanggapi tudingan Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief yang menyebut Sandiaga Uno memberikan mahar Rp 500 M ke PAN dan PKS. Fritz menegaskan hal ini telah dilarang dalam undang undang.

“Memang dalam Pasal 228 dari UU Nomor 7 Tahun 2017 telah melarang untuk paslon memberikan uang atau imbalan kepada parpol untuk dapat menjadi calon presiden,” ujar Fritz di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Fritz menambahkan paslon yang terbukti memberikan mahar bisa diberi sanksi. Salah satu sanksi tersebut adalah dibatalkannya pencalonan paslon yang bersangkutan.

“Apabila setelah putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap terbukti, bahwa seseorang tersebut menyerahkan imbalan kepada partai politik untuk menjadi calon presiden, maka pencalonan tersebut dapat dibatalkan,” tambah Fritz.

Selain pada calon, sanksi diberikan kepada partai politik yang menerima mahar. Sanksi tersebut adalah tidak dapat mencalonkan presiden pada pemilu selanjutnya.

“Dan juga partai politik yang menerima dana tersebut tidak dapat mencalonkan lagi calon presiden untuk pemilihan berikutnya. Itu yang kami dapatkan terkait yang apabila ketentuan di pasal 228,” ujar Fritz. (Ran)

Please follow and like us:
20

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *