Headline Hukum

Ada Kotak Suara Dibuka, Pemilihan Walikota Cirebon Diulang

JAKARTA, REQNews – Gugatan yang diajukan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cirebon nomor urut 1, H. Bamunas Setiawan Boediman dan Effendi Edo ke Mahkamah Konstitusi (MK) akhirnya dikabulkan. Maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon harus melakukan pemungutan suara ulang.

“Telah terjadi pembukaan kotak suara di beberapa tempat pemungutan suara (TPS) oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bertempat di Panitia Pemungutan Suara (PPS) sehingga tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ucap Hakim Ketua Anwar Usman, membacakan Amar Putusan, Rabu (12/9/2018)

MK memerintahkan KPU Kota Cirebon untuk melakukan pemungutan suara ulang di empat kecamatan yaitu di Kecamatan Kesambi, Kecamatan Kejaksan, Kecamatan Lemahwungkuk, dan Kecamatan Pekalipan.

Selain itu, MK juga memerintahkan kepada KPU Kota Cirebon untuk melaksanakan pemungutan suara ulang yang dilaksanakan paling lama 30 hari setelah putusan dibacakan.

Persidangan ini dipimpin oleh Hakim ketua Anwar Usman dan delapan Hakim Anggota terdiri dari Aswanto, Saldi Isra, Manahan M.P. Sitompul, Arief Hidayat, I Dewa gede Palaguna, Suhartoyo, Wahiduddin Adams, dan Enny Nurbanningsih.(dnls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *