MKH, Tunda Sidang, Kasus Suap, Hakim JWL
Headline News

MKH Tunda Sidang Kasus Suap Hakim JWL

JAKARTA, REQNews-  Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) menggelar sidang Majelis Kehormatan Hakim (MKH) terhadap hakim PN Yogyakarta JWL, Rabu, 12 September 2018 di Gedung Wirjono Prodjodikoro, MA, Jakarta.

Hakim JWL direkomendasikan pemberhentian tetap dengan hak pensiun karena diduga menerima suap sebesar 15 Juta.

“Sidang MKH agendanya untuk mendengarkan pembelaan diri dari hakim terlapor JWL. Namun sayangnya, hakim terlapor tidak hadir, sehingga kami memberi kesempatan terakhir pada sidang berikutnya.” kata Ketua MKH Maradaman Harahap usai sidang di Gedung MA Jakarta, Rabu 12 September 2018.

Sidang berikutnya ditunda sampai 26 September 2018, untuk memberi kesempatan kepada hakim terlapor agar hadir untuk dapat membela diri. Bila hakim terlapot tidak hadir juga, maka MKH akan menjatuhkan putusannya.

Susunan MKH terdiri dari 4 orang Anggota KY dan 3 orang hakim agung. Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua KY Maradaman Harahap duduk sebagai ketua majelis. Adapun susunan anggota lainnya, yaitu Sukma Violetta, Joko Sasmito dan Farid Wadji dari KY. Sedangkan dari MA, yaitu Hakim Agung Salman Luthan, Hamdi dan Eddy Army.

Sebelumnya, JWL diduga menerima suap sebesar Rp. 15 Juta sebagai dari terdakwa yang merupakan kontraktor terkait penanganan perkara korupsi di PN Manado.

JWL membebaskan terdakwa I dan terdakwa II dijatuhkan hukuman selama 2 tahun. Perbuatam hakim JWL tidak hanya melanggar kode etik dan pedoman perilaku hakim (KEPPH) tetapi juga mengingkari sumpahnya. hakim JWL juga terbukti tidak hanya sekali melalukan pelanggaran kode etik, ketika dilaporkan ke KY, JWL sedang menjadi hakim PN Jogjakarta. (Ran)

 

Please follow and like us:
24

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *