LPSK Gelar Sosialisasi Bagi Calon Perwira Polisi
Headline News

LPSK Gelar Sosialisasi Bagi Calon Perwira Polisi

JAKARTA, REQNews- Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengelar sosialisasi Perlindungan Saksi dan Korban kepada 1406 siswa Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri angkatan ke 47.

Sosialisasi ini mengingat eratnya kaitan tugas dan fungsi LPSK den gan dengan pihak Kepolisian pihak kepolisian

“Oleh karenanya penting bagi LPSK untuk terus menyampaikan tugas fungsinya kepada personel Kepolisian,  termasuk siswa Setukpa ini”,  ujar Ketua LPSK, Abdul Haris Semendawai dalam materi Pembekalan Siswa Setukpa (17/9/2018).

Hubungan yang erat antara LPSK dengan Polri diantaranya adanya peluang rekomendasi saksi dan korban yang bisa dilindungi,  penghitungan kompensasi,  dan juga dukungan pengamanan dan pengawalan terlindung LPSK.

“Sebagai pintu masuk sistem peradilan pidana,  pihak kepolisian sangat tahu saksi dan korban yang bisa dilindungi.  Dan yang sudah berjalan,  sudah banyak saksi dan korban yang dilindungi atas rekomendasi kepolisian.  Tahun 2017 saja ada 109 rekomendasi”,  kata Semendawai.

LPSK juga menjelaskan, kerjasama lain yang dijalin LPSK dan Polri adalah adanya kerjasama penghitungan kompensasi (ganti rugi dari negara) untuk korban terorisme.

Kerjasama itu sudah terjalin sejak kasus bom Samarinda dimana Densus 88 meminta LPSK menghitung kompensasi untuk selanjutnyamereka masukan ke dalam Berkas.

“Yang terakhir kasus bom Thamrin,  Kampung Melayu,  Mapolda Sumut,  dan serangan teroris di Bima dimana korbannya mendapatkan kompensasi.  Itu semua tidak akan berhasil tanpa kerjasama yang baik antara LPSK dan Polri”,  ujar Semendawai.

Sementara untuk pengamanan dan pengawalan terlindung LPSK sendiri juga tidak lepas dari peran serta kepolisian.  Baik personel polisi yang mengamankan terlindung LPSK secara insidentil,  maupun personel Polri yang memang ditempatkan di LPSK.

“Kerjasama ini menjadi bukti kedua peran kedua instansi tidak tumpang tindih,  melainkan saling mendukung untuk kebaikan saksi dan korban dalam mencari keadilan”,  tutup Semendawai.  (Ran)

Please follow and like us:
25

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *