Ilustrasi diabetes
Headline News Opini

5 Hal Soal Diabetes yang Wajib Diketahui Para Penegak Hukum

JAKARTA, REQNews – Diabetes adalah salah satu penyakit yang menakutkan bagi banyak orang di seluruh dunia, tak terkecuali para penegak hukum. Di Indonesia, tak sedikit penegak hukum yang menderita diabetes dan berujung pada kematian akibat komplikasi yang menyusul.

Bahkan saat ini banyak pengacara, jaksa, polisi maupun hakim muda sudah terkena diabetas.

Tak heran berbagai pertanyaan mengenai diabetes bermunculan untuk mengetahui seluk-beluk penyakit tidak menular ini.

Mengutip berbagai sumber, berikut jawaban atas pertanyaan umum yang bermunculan seputar diabetes:

1. Apa Sebenarnya Diabetes Itu?

Diabetes adalah kondisi kadar gula dalam darah sedang tinggi, lalu tubuh memproduksi insulin, suatu hormon yang dikeluarkan pankreas, untuk memecah gula. Penurunan produksi dan/atau pemanfaatan insulin akan menyebabkan diabetes.

2. Apa Beda Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2?

Pada diabetes tipe 1, tubuh akan total berhenti memproduksi insulin karena kerusakan sel pada pankreas yang memproduksi insulin oleh kekebalan tubuh. Hal ini sebelumnya disebut diabetes juvenile karena didiagnosis pada orang dewasa muda atau anak-anak.

Sedangkan diabetes tipe 2 adalah bentuk umum dari penyakit ini. 90 persen kasus diabetes adalah tipe 2. Pada tipe ini, pankreas menghasilkan insulin dalam jumlah yang tak memadai, atau tubuh tidak mampu menggunakan insulin yang tersedia dengan benar. Tipe ini lebih menyerang orang dewasa, terutama yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih.

3. Apa Saja Akibat dari Diabetes?

Diabetes akan mengakibatkan komplikasi secara bertahap. Banyaknya gula yang menetap pada tubuh dalam waktu yang lama dapat berpengaruh pada masalah pembuluh darah, saraf, mata, ginjal dan sistem kardiovaskular. Komplikasi itu seperti serangan jantung dan stroke, infeksi kaki hingga amputasi, gagal ginjal stadium akhir, kebutaan, hingga disfungsi seksual.

4. Adakah Obat untuk Diabetes?

Ada berbagai obat untuk mengobati diabetes. Selain obat anti-diabetes (oral), ada juga yang disebut obat injeksi, yaitu dengan cara mennyuntikkan insulin ke dalam tubuh. Insulin wajib bagi penderita diabetes tipe 1, sedangkan tipe 2 biasa diobati dengan obat-obatan oral. Pengobatan diberikan tergantung jenis diabetes, komplikasi dan faktor risiko lainnya.

5. Apakah Diabetes Dapat Diceagah dan Dikendalikan?

Pada diabetes tipe 1, penyebabnya masih tidak diketahui pasti dan tidak dapat dicegah dengan pengetahuan saat ini. Namun, untuk tipe 2, perubahan gaya hidup bisa mencegah dan menunda terjadinya diabetes tipe 2.

6. Apa yang Bisa Individu Lakukan untuk Mencegah Diabetes?

Cara mencegahnya adalah dengan mempertahankan berat badan ideal, aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, konsumsi makanan yang sehat dengan asupan gula dikurangi atau dikontrol, dan tes gula darah secara rutin. (RYN)

Please follow and like us:
25

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *