Gedung Mahkamah Konstitusi
Headline Hukum News

Secara Fungsional, MK Beririsian dengan Politik

JAKARTA, REQNews – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman mengatakan di seluruh dunia, lembaga konstitusi adalah lembaga negara yang secara fungsional beririsan dengan kepentingan politik.

Anwar mengatakan, hal tersebut ketika membuka The 2nd Indonesian Constitutional Court International Symposium (ICCIS) 2018, Selasa 1 Oktober 2018, di Yogyakarta.

Anwar mengatakan, di sisi lain MK juga memiliki fungsi untuk memberikan perlindungan terhadap hak konstitusional warga negara dan mengawal konstitusi.

Hal inilah yang kemudian seringkali menimbulkan dua kepentingan yang saling berhadapan, kata Anwar.

“Kepentingan politik merupakan representasi dari kepentingan mayoritas, namun perlindungan terhadap hak konstitusional tidak dapat diabaikan karena merupakan bagian dari perlindungan terhadap hak asasi warga negara, dan menjaga konstitusionalitas dalam bernegara,” kata Anwar.

Terkait dengan kepentingan politik yang mempengaruhi kedudukan MK dalam melaksanakan tugasnya, ia mengatakan hal ini merupakan fenomena yang berlaku umum di berbagai negara.

Kedudukan MK sebagai pengawal konstitusi pada satu sisi memiliki posisi yang sangat penting karena memiliki kewenangan yang strategis, namun pada saat yang bersamaan kedudukan MK memiliki beberapa kelemahan.

“Sesungguhnya problem dinamika politik dan pengaruhnya terhadap kedudukan MK dan putusannya bergantung pula kepada seberapa kuat komitmen dalam menegakkan prinsip negara hukum dan kesadaran masyarakat untuk mewujudkannya,” kata Anwar. (Romeo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *