Headline Hukum

Polri Bentuk Kesatuan Baru untuk Menangkap Penyebar Hoax

JAKARTA, REQNews – Guna menangkap para penyebar hoax, Kepolisian Negara Republik Indonesia telah membentuk suatu kesatuan baru untuk melaksanakan patroli di dunia maya atau cyber patroli.

“Kesatuan itu merupakan Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Drs. Setyo Wasisto, SH saat memberikan sambutan pada Forum Tematik Badan Koordinasi Hubungan Kemasyarakatan (Bakohumas) di Amos Cozy Hotel, Jakarta Selatan, Kamis (4/10/2018) siang.

Salah satu tugas Siber Bareskrim Polri adalah mencari identitas admin dan informasi terkait suatu perkara yang disebarkan dan menjadi viral di dunia maya.

Penyebar hoax, berita yang meresahkan masyarakat telah menyebabkan disintegrasi bangsa. Salah satu berita hoax yang dengan cepat dapat dideteksi kepolisian baru-baru ini contohnya mengenai pengungkapan berita palsu  penganiayaan terhadap aktivis Ratna Sarumpaet.

Wakil Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Pol Asep Safrudin mengatakan, pertama kali kabar itu beredar, Polisi langsung mencari tahu dimana keberadaan Ratna berada, benar tidak ada di tempat kejadian yang dikabarkan itu. Ternyata setelah dikoreksi tidak lama Polisi langsung tahu bahwa itu hoax dan langsung dikabarkan ke media mainstream. (dnls)

Please follow and like us:
25

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *