Saturday, January 28th, 2023

Pendapat Anacom tentang Vodafone/Nowo dikirim ke AdC pada akhir bulan

Anacom harus mengirimkan pendapatnya tentang pembelian Vodafone Portugal atas pemilik Nowo, Vodafone Portugal, pada akhir tahun ini dan termasuk rekomendasi untuk perbaikan mungkin merupakan “kesimpulan yang mungkin”, kata ketua regulator hari ini.

Otoritas Persaingan Usaha (AdC) menerima pemberitahuan pada tanggal 07 November 2022 tentang pembelian oleh Vodafone Portugal atas kendali tunggal Cabonitel, sebuah perusahaan Portugis yang dikendalikan oleh MásMóvil Ibercom Spanyol, yang memiliki Nowo, yang memiliki lisensi 5G.

“AdC harus memberikan pendapatnya tentang operasi konsentrasi ini dan AdC telah meminta pendapat kami tentang masalah ini,” presiden Otoritas Komunikasi Nasional (Anacom) memulai dengan mengatakannya saat makan siang bersama para jurnalis ketika ditanya tentang masalah ini.

Anacom harus “memberikan pendapatnya” pada akhir tahun, katanya.

“Saya tidak akan mengantisipasi pendapat tersebut, ini belum selesai, tetapi saya dapat memberi tahu Anda apa yang menjadi perhatian kami dengan lelang: ini untuk menjamin penggunaan spektrum yang efisien dan menciptakan kondisi untuk meningkatkan persaingan,” tegasnya.

Dan apa yang dimaksud dengan penggunaan spektrum yang efisien? “Bahwa operator yang memperoleh spektrum, baik pendatang baru atau mereka yang ada di pasar, harus memiliki jumlah yang tersedia yang mereka butuhkan untuk bisnis mereka dan tidak boleh memiliki spektrum yang tidak mereka butuhkan untuk bisnis mereka” atau bahwa mereka akan memiliki kepentingan untuk memilikinya – jika Anacom tidak menetapkan kondisi yang ditetapkan dalam lelang – “hanya untuk menghindari persaingan”, jelasnya.

“Faktanya, saya harus mengatakan bahwa sangat mengejutkan apa yang kami amati di Portugal: sikap anti-persaingan yang konsisten, tahan lama, dan terpadu,” kritik regulator, yang menganggap bahwa spektrum tidak boleh dimiliki oleh mereka yang ingin mencegah perusahaan memasuki pasar.

Ditanya apakah dia mengakui merekomendasikan solusi, João Cadete de Matos mengatakan: “Saya tidak akan mengantisipasi”.

Namun, ia mengakui bahwa ini bisa menjadi “kesimpulan yang mungkin”.

Operasi konsentrasi ada, “apa yang tidak dapat diperoleh dari operasi konsentrasi adalah pengurangan tingkat persaingan, ini adalah asumsi penting dan dalam kasus spektrum dan terserah kepada kami, Anacom, untuk memastikan bahwa spektrum yang dicadangkan untuk pendatang baru sebenarnya digunakan untuk memungkinkan bisnis pendatang baru,” katanya.

Sekarang, jika pada akhirnya akan ada satu atau dua pendatang baru, hal ini “juga akan tergantung pada pasar”, demikian pertimbangannya.