Saturday, January 28th, 2023

Utang ekonomi turun menjadi 793,7 miliar euro

Ini adalah pengurangan sebesar 5,0 miliar euro, menurut Bank of Portugal.

Utang sektor ekonomi non-keuangan – administrasi publik, perusahaan, dan individu – turun 5,0 miliar euro, menjadi 793,7 miliar euro pada bulan Oktober, menurut data yang dirilis hari Rabu oleh Bank of Portugal (BoP).

“Dari total ini, 440,6 miliar euro berada di sektor swasta (perusahaan swasta dan perorangan) dan 353,1 miliar euro di sektor publik (administrasi publik dan perusahaan publik),” jelas pengawas perbankan dalam sebuah pernyataan.

Utang sektor publik turun sebesar 4,9 miliar euro, dengan penekanan pada penurunan utang dengan sektor keuangan (4,1 miliar euro) dan luar negeri (2,5 miliar euro).

“Di sisi lain, hutang sektor publik kepada pemerintah umum dan individu meningkat, masing-masing, 1,0 miliar euro dan 0,7 miliar euro,” dapat dibaca.

Utang sektor swasta, di sisi lain, menurun sebesar 0,1 miliar euro. “Evolusi ini terutama disebabkan oleh penurunan utang perusahaan swasta, sebesar 0,2 miliar euro,” jelas BdP.

Hutang perusahaan swasta menurun dengan sektor keuangan (1,3 miliar euro), tetapi meningkat dengan sektor luar (1,1 miliar euro). Utang individu tumbuh 0,1 miliar euro, pada dasarnya dengan sektor keuangan.