Wednesday, May 25th, 2022

Polri Janji Usut Dugaan Anggota Terlibat Pengiriman TKI Ilegal

Polri memastikan bakal mendalami dugaan keterlibatan anggotanya dalam kasus pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal. Kasus itu mencuat lantaran kapal yang dipakai tenggelam di perairan Malaysia hingga mengakibatkan korban jiwa.

“Didalami dulu. Apabila ditemukan akan ditindak tegas sesuai peraturan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi, Kamis (6/1). Dedi hingga saat ini belum dapat berkomentar banyak terkait dengan dugaan keterlibatan polisi dalam kasus tersebut. Dia mengaku belum mendapat informasi lebih lanjut dari Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) ataupun Polda terkait dengan perkara yang dimaksud.

Akan tetapi, dia memastikan Polri bakal menindak tegas jika memang ada anggotanya yang terlibat dalam pengiriman TKI ilegal. Apalagi sampai menimbulkan korban jiwa. “Itu komitmen Polri,” ujar Dedi. Terpisah, Kabid Humas Polda Kepulauan Riau Kombes Harry Goldenhardt mengungkapkan bahwa Kapolri telah membentuk Satgas Operasi Misi Kemanusiaan Internasional untuk mengusut kasus pengiriman TKI Ilegal tersebut.

Satgas itu diisi satuan kerja yang berasal dari fungsi pengawasan internal. Dengan demikian, satgas juga akan mendalami apabila terdapat dugaan keterlibatan anggota polisi dalam perkara itu. “Di dalamnya ada subsatgas Pam Internal yang dipimpin langsung Bapak Kadiv Propam dan sudah bekerja sejak repatriasi jenazah WNI dan penegakan hukum terhadap pelaku sindikat people smuggling,” kata Harry. “Apabila ditemukan (keterlibatan polisi), tentu akan ditindaklanjuti sebagaimana komitmen bapak Kapolri,” tambahnya.