Saturday, January 28th, 2023

Bad Bunny dan Blackpink memimpin Coachella edisi bersejarah dan inklusif

Untuk pertama kalinya, festival di Amerika Utara ini akan menampilkan band k-pop dan artis Latin sebagai headliner.

Coachella, salah satu festival musik paling terkenal dan paling terkenal di dunia, pada hari Selasa mengumumkan salah satu poster paling inklusif dalam sejarah panjangnya, dengan hanya menyertakan artis non-kulit putih di bagian depan setiap hari acara.

Di depan papan reklame landmark adalah Bad Bunny. Artis Puerto Rico, yang pada tahun 2022 mendominasi semua daftar artis yang paling banyak diputar di seluruh dunia di berbagai platform (serta memiliki tur yang paling menguntungkan tahun lalu), akan menjadi musisi Latino pertama yang menjadi headline festival ini.

Menurut Variety, Bad Bunny telah berkembang pesat pada tahun 2022, sehingga, dalam analisis tren hiburan digital, satu dari setiap 14 video atau audio Latin yang dialirkan di internet menyertakan album ‘Un Verano Sin Ti’.

Festival AS, yang berlangsung di Indio, California, berlangsung selama dua akhir pekan dan Bad Bunny akan menjadi headline pada 14-21 April.

Pada tanggal 15 dan 22 April, nama terbesar adalah BLACKPINK. Grup wanita ini juga akan mencetak sejarah sebagai band k-pop pertama yang membukukan penampilan headlining di Coachella Valley Music and Arts Festival, yang semakin mengukuhkan pertumbuhan gaya musik ini dalam konsumsi musik Barat.

Terakhir, tanggal 16 dan 23 April akan menjadi headline oleh Frank Ocean. Rapper ini seharusnya menjadi headline edisi 2020, tetapi pandemi akhirnya menunda penampilannya.

Ocean, yang berinovasi selama tahun 2010-an dengan pendekatan eksperimentalnya terhadap hip-hop (terutama melalui album ‘Blonde’, dirilis pada tahun 2016), hanya merilis single sejak produksi itu, di antara proyek-proyek ekstramusikal lainnya. Masuknya artis AS di billboard telah membuat banyak penggemar berspekulasi tentang perilisan album baru untuk mengiringi penampilannya.

Coachella memiliki lebih banyak nama besar dalam daftar panjangnya. Festival ini juga akan menjadi tuan rumah pertunjukan oleh Rosalía, Calvin Harris, Gorillaz, Pusha T, Björk, Chemical Brothers, Angèle, Charli XCX, Marc Rebillet, Hiatus Kaiyote, Kali Uchis, Weyes Blood, dan masih banyak lagi lainnya.